Curug Lima – Kedungbanteng

Curug Lima (5) berada di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Curug ini belum lama (agak) booming karena memang aksesnya cukup sulit. Padahal lokasinya tidak jauh dari Curug Gomblang yang sudah lama dikenal dan cukup banyak pengunjungnya. Dari curug Gomblang menuju Curug Lima berjarak sekitar 1KM dan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jalan santai.

Nama curug Lima mungkin diambil dari jumlah pancuran atau kanal airnya yang berjumlah 5. Yang jelas sih tempatnya masih sangat asri, dengan air jernih dan menggoda untuk nyebur. Bagi yang suka ciblonan atau berendam di air dijamin suka. Cuman memang aksesnya yang cukup berat apalagi bagi yang takut ketinggian atau tebing curam, bisa merinding di jalan 😀

Lihat sendiri ya di galeri foto diatas, nampak rutenya yang masih berupa jalan setapak bahkan ada yang hanya muat 1 orang saja. Karena memang akses kesana baru dibuat untuk umum oleh warga sekitar. Ditambah rumput dan pepohonan liar yang cukup rimbun bin rungkud :D, sesekali melewati jalan kecil disamping tebing curam, dan ada jalan bebatuan terjal sedikit. Agak memacu adrenalin memang dan butuh fisik dan stamina kuat heheh…

Nah galeri diatas ini diambil dari lokasi diatas curug lima. Nampak memang tidak terlalu tinggi curugnya. Curug ini masih satu jalur sungai dengan curug gomblang, dan antara curug lima dan curug gomblang juga terdapat beberapa curug (kalo tidak salah ada 3 lagi) tapi belum ada akses yang mudah. Salah satunya dibawah ini.

Untuk menuju ke Curug Lima, dari parkiran Curug Gomblang belok kanan, atau bisa ditanyakan saat di gerbang masuk atau di parkiran. Pengunjung juga bisa minta pemandu agar tidak nyasar karena ada beberapa pertigaan atau persimpangan kecil. Lebih amannya minta jasa pemandu saja sih. Oh iya jangan lupa bawa bekal, di lokasi curug lima tidak ada penjual makanan / warung, warung ada di dekat parkiran yang bukanya biasanya hanya pada hari sabtu/minggu atau liburan. Ada juga didekat gerbang tiket.

Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan tarif 3 ribu per orang dan ditambah parkir kendaraan (motor 2rb). Lokasi ini juga bisa diakses dengan jalan kaki dari Baturagung (Bendungan PLTA Baturagung terlihat dari parkiran Curug Gomblang) tapi ya lumayan jauh juga.

Selamat berkunjung… dan tetap jaga kebersihan ya…

NB: Akses bisa dari Ketenger Baturraden, bisa dari UNWIKU ke utara, bisa lewat Karanglewas ke utara.


Denah / Jalur / Peta Lokasi Curug Lima – Kedungbanteng

Apa Komentarmu tentang Curug Lima – Kedungbanteng