Curug Pengantin – Kalipagu – Ketenger – Baturraden

Satu lagi wisata alam berupa curug atau air terjun yang sedang naik daun di Purwokerto, Curug Penganten (atau Pengantin, sama aja ya :D). Curug yang tingginya sekitar 50 meter ini berada di kawasan Dusun Wisata Kalipagu, Desa Ketenger Kecamatan Baturraden. Akses di hutannya masih berupa jalan setapak dan cukup terjal dan agak jauh meskipun katanya hanya berjarak sekitar 1km dari parkiran.

Curug Pengantin - Kalipagu - Ketenger - Baturraden

Kami datang kesini pada hari Minggu 20 Maret 2016 lalu berangkat dari Purwokerto sekitar Jam 8.15 pagi dan sampai ke tempat parkir di Dusun Kalipagu yang tidak jauh dari gerbang kawasan wisata Kalipagu, jam 8.45 dan langsung berjalan kaki menuju Curug. Oh iya mobil maupun motor bisa masuk sampai parkiran.

Beli Tiketnya disini, 3 Ribu/Orang

Beli Tiketnya disini, 5 Ribu/Orang

Di gerbang / loket tiket pengunjung bisa bertanya atau melihat spanduk tentang kawasan Wisata Alam Dusun Kalipagu yang diantaranya ada Curug Pengantin, Curug Muntu, DAM Muntu (DAM Belanda), Pipa PLTA, Bukit Cinta, Situs Galuh Purba Lemah Wangi, Batur Lumpang, Sendang Pancawarna, dan Bukit Cendana. Pengunjung juga bisa minta guide untuk memandu perjalanan biar lebih efisien tanpa nyasar 😀

Setelah berjalan dari parkiran motor akan terlihat 2 buah Pipa PLTA dan belok kanan ikuti pipa ini sampai di jembatan setelah DAM Belanda. Sepanjang jalur ini juga terlihat di kejauhan (kanan) Pancuran Pitu yang memang bisa diakses lewat jalan ini. Warung pada foto diatas adalah warung terakhir sebelum masuk hutan dan sekaligus penjaga, tiket disobek bagian kuning disini jadi tiketnya dibawa ya.

Di galeri diatas terlihat akses perjalanan menuju Curug Pengantin berupa jalan setapak yang sudah dibuatkan oleh warga sekitar agar pengunjung lebih mudah melewatinya. di beberapa titik dibuatkan tempat istirahat berupa bangku bambu panjang, atau juga bisa berhenti sebentar di sungai yang beberapa kali ditemui. Airnya dingin segar mampu menghilangkan rasa cape. Sepanjang perjalanan juga terdengar gemericik air, suara burung dan hewan lain sepertinya ada suara sebangsa kera. Di tengah perjalanan juga ada Curug (namanya lupa padahal udah nanya :D) yang cukup tinggi pas di “rest area” tapi sepertinya belum ada akses kesitu.

Kami tidak sampai ke lokasi persis curug pengantin karena harus menyusuri sungai tapi gak dalam sih, cuman udah lumayan cape aja hehehe.. ditambah belum sarapan besar hahahah.. Tapi dari atas viewnya juga cukup dekat hanya saja tidak bisa main airnya. Katanya sih dibawah curugnya dangkal koq konon paling hanya 1 meter. Sungainya juga dangkal.

Hmmmm… sementara itu dulu ceritanya.. Oh iya kami berjalan kaki pas 2 jam karena memang jalannya santai sambil menikmati pemandangan disamping kanan kiri jalan. Pas pulangnya sih cepet paling 1 jam. Sepulangnya kami beristirahat diwarung dan pesan mendoan untuk dinikmati sambil ngopi dan ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon sama ibu pemilik warung yang fotonya diatas. Harga makanan dan minumannya murah beda kalo di lokasi wisata Baturraden. Si ibu juga cerita cukup banyak tentang kondisi dan sejarah daerah ini.

Sekian dulu… Selamat menikmati tulisan kami…

nb: Video juga ada di sini

Save


Denah / Jalur / Peta Lokasi Curug Pengantin – Kalipagu – Ketenger – Baturraden

Apa Komentarmu tentang Curug Pengantin – Kalipagu – Ketenger – Baturraden