Curug Telu – Karangsalam – Baturraden

Seperti yang Anda tahu bahwa Purwokerto terletak di bawah kaki Gunung Slamet, maka wajar bila banyak terdapat wisata air terjun atau curug. Saking banyaknya, masih ada yang belum terekspose atau bisa diakses dengan mudah untuk masyarakat umum. Nah salah satu yang belum lama tren dan banyak yang penasaran (termasuk saya) adalah Curug Telu – Karangsalam – Baturraden.

Curug Telu - Karangsalam - Baturraden

Curug Telu – Karangsalam – Baturraden

Curug telu artinya Air Terjun Tiga, dan memang di lokasi curug telu secara kasat mata terlihat ada 3 air terjun seperti terlihat pada slideshow dibawah ini.

Dari foto-foto diatas terlihat ada 3 curug yang ditengahnya ada jembatan pipa (sepertinya pipa air). Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, mungkin sekitar 10 meter dan saat kami berkunjung debit airnya tidak terlalu banyak sehingga air tidak terlalu deras dan sungainya tidak terlalu tinggi airnya. Bahkan salah satu curugnya seperti malas-malasan menurunkan airnya.

Saat kami berkunjung ke Curug Telu suasananya cukup ramai karena memang pas hari minggu ditambah lagi Curug yang di kelola oleh warga sekitar ini sedang booming. Nampak parkiran motor cukup penuh dan di lokasi curug juga ramai. Diantaranya ada yang bermain di kedung, atau sekedar bermain air, foto selfie dan ada juga yang hanya duduk-duduk menikmati suasananya yang sejuk.

Di sekitar lokasi curug telu sebenarnya ada curug lain yaitu curug pete yang selalu dilewati saat menuju ke lokasi curug telu (pas jembatan beton) dan curug lawang atau sendang bidadari. Dan diluar area curug telu juga ada Curug Moprok yang aksesnya katanya masih susah.

Tarif Masuk dan Rute dari Purwokerto ke Curug Telu – Karangsalam

Sebelumnya saya mengira kalau karangsalam yang dimaksud adalah karangsalam yang ada kampus Unwiku itu loh, ternyata bukan heheh. Sama-sama karangsalam sih -_-. Oh iya jika Anda ingin datang ke lokasi Curug Telu – Karangsalam – Baturraden, bisa melalui beberapa akses jalan. Kalo dari Lokawisata Baturraden bisa melewati jalan depan hotel Queen Garden turun ke selatan mungkin sekitar 1Km. Saya dan teman – teman juga lewat situ sih. Soalnya sebelumnya memang dari Curug Ceheng, Telaga Sunyi dan mampir istirahat sebentar di terminal atas.

Jika dari pusat kota Purwokerto, silahkan ikuti rute sesuai foto diatas. Dari Purwokerto ke arah Baturraden, sebelum Gerbang Mandala (kemutug) ada pertigaan belok kanan ikuti saja jalan ini hingga bertemu pertigaan SD Kemutug Kidul belok kanan ikuti penunjuk arah ke Kotayasa / Sumbang. Lalu Anda akan bertemu pertigaan belok kiri ke arah Karangsalam. Ikuti jalan hingga bertemu pertigaan masjid / mushola. Ikuti arah Munggansari / Lok. Baturraden dan ikuti saja jalan ini hingga bertemu Gerbang Curug Telu yang di seberangnya juga ada penunjuk arah.

Jika jalan sebelumnya sudah beraspal dan cukup bagus, memasuki lokasi wisata curug telu jalannya masih tanah berbatu dan sawah di samping kanan kiri. Jalan tanah ini tidak sampai 1km sih tapi harus hati-hati terutama untuk mobil karena tidak terlalu lebar.

Setelah sampai di parkir, Anda akan disambut petugas parkir dan diarahkan ke gerbang / loket tiket masuk yang tarifnya 3 ribu per orang. Sedangkan parkir 2 ribu per motor (mobil gak nanya :D). Di lokasi ada beberapa warung makanan dan minuman jika Anda tidak membawa bekal. Ada toilet dan ruang ganti pakaian dekat kedung pete. Semuanya di kelola oleh warga sekitar dan mohon jika berkunjung tetap menjaga kebersihan yaa…

nb: Video Curug Telu

Selamat berkunjung..


Denah / Jalur / Peta Lokasi Curug Telu – Karangsalam – Baturraden

Apa Komentarmu tentang Curug Telu – Karangsalam – Baturraden