Taman Balekemambang

Taman Balekemambang Purwokerto merupakan salah satu tempat wisata alam buatan sekaligus sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Dari namanya mungkin sudah terbayang suasananya banyak air dan ada bale terapung, kalo menurut saya sih “Bale” artinya bagian depan rumah untuk bersantai atau ruang tamu, sedang “Kemambang” artinya terapung di air. Dan memang di Taman Balekemambang (bukan balekambang loh) ada kolam yang diatasnya ada bale tempat bersantai sambil lihat pemandangan sekitar maupun kolam ikan yang banyak ikan hiasnya.

Taman Balekemambang Purwokerto

Taman Balekemambang Purwokerto

Karena merupakan taman buatan dan belum lama dibuat, sebagai taman RTH, memang pepohonannya belum begitu besar dan rindang, namun sudah cukup terlihat hijau dan cukup nyaman. Kalo mau benar-benar menikmati suasana nyaman di taman ini ya sebaiknya berkunjung di pagi hari dan bukan saat liburan. Di lokasi taman juga banyak bertebaran tempat duduk dari besi maupun cor tembok untuk bersantai menikmati suasana yang cukup tenang.

Taman Balekemambang ini berada di tengah kota dan sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Selain cocok untuk edukasi alam juga tersedia fasilitas mainan aktifitas anak-anak. Kolam sedalam 1.6 meter berisi ikan (mungkin ikan hias) berwarna-warni yang sangat menarik dan pengunjung bisa memberi makan pelet yang bisa di beli di loket tiket seharga seribu per bungkus.

Di sisi barat terdapat semacam menara 3 lantai, dari “menara” ini bisa melihat dari atas suasana Taman Balekemambang dan view kota Purwokerto, meski jangkauannya tidak terlalu luas karena tidak terlalu tinggi. View dari atas tidak kalah menarik, terlihat beberapa gedung tinggi seperti kampus IAIN di sisi barat, beberapa hotel, masjid dan proyek di sisi selatan, komplek perumahan Permata Hijau, Hotel Horison, Aston, RS Elisabeth di sisi timur dan tentunya view utara pemandangan Gunung Slamet. Namun sisi timur dan utara lupa tidak ambil gambar, lain kali kalo ke sini lagi deh 😀

Di sisi barat terlihat lahan persawahan yang luas, menurut informasi nantinya Taman Balekemambang akan diperluas ke arah barat dan menjadi taman RTH terluas di tengah kota Purwokerto.

Rute dan Tarif Masuk ke Taman Balekemambang

Untuk menuju ke Taman Balekemambang sangat mudah. Lokasinya berada di sebelah barat perumahan Permata Hijau. Jika dari alun-alun ke arah utara melewati jalan masjid hingga perempatan belok kanan lewat Jl. Gatot Soebroto sampai pertigaan SMA 2. Belok kiri ke arah utara lewat perempatan karangkobar ke utara lagi sekitar 500meter sampai di lokasi. Kalau dari arah GOR, Hotel Aston atau Horison tinggal ke barat sepanjang Jl. Dr. Angka hingga perempatan Karangkobar belok kanan.

Trus berapa tarif masuknya? Murah koq, tarif tiket masuk Taman Balekemambang cuman Rp. 2.500 untuk dewasa dan Rp. 1.500 untuk anak-anak. Parkir cukup luas di sepanjang sisi kanan dan kiri pintu gerbang Taman Balekemambang.

Oh ya, Selain fasilitas diatas, juga ada Mushola, Toilet dan kamar mandi untuk umum. Fasilitas lainnya mungkin lain kali saya tanyakan, apalagi ada rencana perluasan, pasti fasilitas pendukung juga bertambah.

Taman Balekemambang Purwokerto
Alamat: Jl. Karang Kobar Telp:-

Selamat berkunjung.


Denah / Jalur / Peta Lokasi Taman Balekemambang

Apa Komentarmu tentang Taman Balekemambang