Watu Meja – Bukit Badar – Tumiyang

Satu lagi tempat wisata baru yang belum lama ini menjadi salah satu tempat favorit, Watu Meja – Bukit Badar, desa Tumiyang Kecamatan Kebasen – Banyumas. Ya tempat ini sedang menjadi trending setelah sebelumnya ada Curug Telu yang berada di Karangsalam Baturraden.

Watu Meja - Bukit Badar - Tumiyang - Kebasen

Watu Meja – Bukit Badar – Tumiyang – Kebasen

Watu Meja ini berada di atas perbukitan di sepanjang jalan pintas Patikraja – Sampang melalui jembatan lama. Akses masuk dari jalan besar hanya bisa untuk sepeda motor sampai sebelum jalan setapak yang hanya bisa dilalui pejalan kaki. Dari jalan besar ada beberapa akses yang sudah ada tanda spanduk dan beberapa penjaga sekaligus tukang parkir. Untuk masuk ke lokasi Watu Meja saat ini masih seikhlas pengunjung dan tidak tidak dipatok besaran minimalnya. Kami masuk melalui gerbang paling utara (Tumiyang). Dan untuk ke lokasi ada 2 opsi, akses jalan ekstrim atau jalur biasa yang sedikit memutar lebih jauh. Jalur extreem memang jaraknya lebih dekat namun kondisi jalannya cukup terjal dan tidak ada pagar pengaman / pegangan samasekali. Lihat saja foto atau video youtubenya dibawah.

Di lokasi Watu Meja sudah berjajar beberapa penjual makanan dan minuman yang merupakan warga tumiyang dan sekitarnya. Begitu juga beberapa penjual yang berada di beberapa titik jalan / jalur menuju lokasi Watu Meja. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan karena memang jalur atau rutenya cukup melelahkan.

Jalan yang terlihat di galeri diatas adalah jalur biasa yang tidak terlalu terjal tapi tetap sempit dan beberapa lokasi kurang aman karena di sampingnya berupa tebing cukup tinggi. Di lokasi Watu Meja sendiri juga hanya dipagar bambu meskipun didepannya berupa tebing yang tinggi sehingga pengunjung harus tetap berhati-hati. Disini juga ada peringatannya.

Rute / Jalur dari Purwokerto ke Lokasi Watu Meja – Bukit Badar desa Tumiyang

Untuk menuju ke lokasi wisata Watu Meja – Bukit Badar di desa Tumiyang kecamatan Kebasen, Banyumas dari kota Purwokerto cukup mudah. Lokasinya berjarak sekitar 13km dari alun-alun Purwokerto. Melewati jalan pintas Patikraja – Sampang, dari pertigaan pasar Patikraja lurus (bukan belok kanan) melewati jembatan. Setelahnya akan menemui perempatan yang ada tugu batiknya lurus saja. Sekitar 2KM akan sampai di gerbang pertama, kami lewat gerbang ini dan motor masuk sampai ke pos parkiran.

Sesampainya di pos parkir pengunjung akan ditunjukkan arah jalan ke lokasi Watu Meja. Ada 2 jalur dari pos ini yaitu jalur biasa dan jalur ekstrim (lebih dekat tapi lebih menantang). Lebih aman lewat jalur biasa meskipun jalannya memutar sedikit lebih jauh tapi jalannya tidak terlalu terjal. Tidak ada tiket masuk atau sejenisnya, pengunjung hanya diminta mengisi buku daftar pengunjung dan sumbangan sukarela saja boleh saat masuk ataupun saat pulang.

Wisata Watu Meja – Bukit Badar terbuka setiap hari untuk umum dan bisa sampai malam karena memang view sore malam juga nampaknya sangat menarik. Namun pengunjung wajib minta ijin ke pengurus setempat atau minta dipandu agar lebih aman.

Lain waktu mungkin kami akan berkunjung sore atau malam dan menuliskan disini.

Selamat berkunjung.


Denah / Jalur / Peta Lokasi Watu Meja – Bukit Badar – Tumiyang

Apa Komentarmu tentang Watu Meja – Bukit Badar – Tumiyang